• 5 Tips Memilih Pompa Air Yang Benar Sesuai Kebutuhan

    5 Tips Memilih Pompa Air Yang Benar Sesuai Kebutuhan

    Suplai air di rumah anda saat ini sedang macet? Pasti sangat repot sekali karna berbagai kegiatan yang memerlukan air seperti mencuci, memasak, mandi dan lainnya jadi ikut terganggu. Biasanya ada beberapa sebab mengapa pasokan air jadi macet, khusus bagi yang menggunakan pompa air, bisa saja pompanya sedang rusak. Bagi yang dekat dengan jasa service pompa air, mungkin bisa meminta bantuan tukang service, namun bagaimana dengan yang jauh atau tidak ada yang bisa memperbaiki? Pilihan satu-satunya adalah membeli pompa air yang baru. 

    Jika memang saat ini anda berniat ingin membeli pompa air, pastikan untuk memilih pompa air yang benar. Agar tidak salah membeli, simak tips berikut ini:

    1. Ketahui Jenis Pompa air

    Ada beberapa jenis pompa air yang bisa dipilih, namun dalam menentukan jenis pompa air apa yang tepat, perlu mengetahui kedalaman air tempat pompa nanti digunakan. Jadi, sebelum memilih, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu kedalam permukaan air. Untuk kedalaman permukaan air yang lebih dari 9 meter, maka menggunakan jenis pompa air jet pump adalah pilihan yang dirasa tepat. 

    2. Lihat Spesifikasi Pompa Air

    Tujuan dari mengetahui spesifikasi pompa air secara detail adalah untuk semakin memantapkan pilihan bahwa jenis pompa yang dipilih memang tepat. Selain itu juga untuk membandingkan kedalaman sumber air dengan daya hisap pompa. Pompa yang memiliki daya hisap sesuai dengan kedalaman permukaan air akan membuat suplai air efesien dan maksimal.

    3. Sesuaikan Daya Listrik Pompa Air

    Selanjutnya ialah mengetahui berapa daya listrik pompa air. Jangan sampai membeli pompa air dengan daya listrik yang tidak sesuai dengan kapasitas listrik di rumah karna akan mengakibatkan listrik ‘jeglek’. Apalagi jika pemakaian listrik di rumah sudah banyak yang berasal dari barang elektronik lain. Jadi, pastikan untuk menghitung atau mengira-ngira cukup atau tidaknya kapasitas listrik jika ditambah dengan penggunaan pompa air.

    4. Ketahui Debit 

    Untuk mengetahui informasi kapasitas air bisa dilihat pada label spesifikasi. Memilih pompa air yang dapat menghasilkan air sesuai dengan kebutuhan air di rumah sangat penting. Akan lebih baik jika memilih pompa air yang berkapasitas besar karna tentu saja tidak memerlukan waktu lama untuk memenuhi bak penampungan, selain itu juga dapat menghemat listrik pastinya.

    5. Lakukan Tes

    Setelah yakin dengan pilihan pompa air, mintalah kepada penjual atau pelayan untuk melakukan tes. Tidak ada salahnya untuk melakukan hal ini karna memang penting untuk kita memastikan barang yang dipilih dapat bekerja dengan baik. Melakukan tes pompa air juga berfungsi untuk mengetahui apakah suara pompa air kasar atau halus. Pilih pompa air dengan suara halus karna ini bisa mengindikasikan bahwa mesin pompa air cukup bagus, selain itu juga dapat menghindarkan anda dari kebisingan.

0 komentar:

Posting Komentar