Cara Menangani Kaki yang Terkena Diabetes

Cara Menangani Kaki yang Terkena Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang memiliki jangka waktu penyembuhan yang cukup lama. Penyakit ini terjadi karena tingginya kadar gula darah pada tubuh yang menyebabkan sirkulasi darah menjadi terganggu sehingga proses penyembuhan pada area luka menjadi terhambat. Bagaimana cara mempercepat penyembuhan luka diabetes? Simak berikut penjelasan lengkapnya.

1. Melakukan Perawatan dan Memberikan Antibiotik Pada Luka

Lakukanlah perawatan pada kaki yang terkena diabetes secara rutin setiap hari. Cara merawat luka diabetes adalah dengan membersihkan kotoran pada daerah di sekitar luka dengan sabun dan air yang mengalir, kemudian memberi salep antibiotik pada luka di kaki agar terbebas dari infeksi kuman.

2. Jangan Menekan Luka

Sebaiknya jangan menekan-nekan pada bagian luka yang terdapat pada daerah kaki yang terkena diabetes. Hal tersebut agar proses penyembuhannya menjadi lebih cepat. Apabila luka pada kaki selalu di tekan-tekan, maka luka akan susah mengering dan tetap basah karena di sebabkan oleh penekanan di daerah luka tersebut .

3. Memperhatikan Tanda-Tanda Apabila Mengalami Infeksi

Apabila kaki Anda mengalami infeksi, maka kaki akan menimbulkan tanda-tanda seperti merasa sakit pada daerah luka, luka akan tampak terlihat menjadi kemerahan, dan luka terasa lebih hangat. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka mungkin saja hal ini merupakan tanda-tanda kaki mengalami infeksi dan alangkah baiknya segeralah mencari bantuan medis.

4. Menghubungi Dokter

Apabila luka tidak kunjung membaik dalam waktu 2 hari atau 48 jam, maka segeralah pergi ke pusat pelayanan kesehatan atau menghubungi dokter agar luka yang dialami oleh penderita diabetes mendapatkan penanganan terbaik untuk kesembuhannya, sehingga orang yang mengalami diabetes ini dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

Nah, itulah beberapa cara menangani kaki yang terkena penyakit diabetes. Untuk Anda yang saat ini sedang berperang dengan penyakit tersebut, tetap semangat dan tetap berusaha untuk sembuh karena Tuhan mencintai umatnya yang memiliki pribadi yang kuat dan tidak mudah putus asa. Percayalah semuanya belum berakhir, tetap semangat dan semoga lekas sembuh ya.

0 komentar:

Posting Komentar