Memahami Luka yang Tidak Sembuh-sembuh

Memahami Luka yang Tidak Sembuh-sembuh

Menyembuhkan luka tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, luka tidak bisa disembuhkan dengan sekejap dan membutuhkan proses agar bisa sembuh mulai dari penghentian pendarahan, pengembalian jaringan yang terluka sampai menutup bekas luka. Hanya saja, meski Anda telah menerapkan cara merawat luka yang tepat, seringkali luka masih kesulitan untuk sembuh sesuai waktunya. Jika hal ini terjadi, maka jangan sepelekan, segera pahami penyebabnya sebagai berikut. Tapi, jangan lupa juga untuk mengunjungi laman berikut ya https://www.guesehat.com/mengupas-mitos-dan-fakta-cara-membersihkan-luka.

Konsumsi obat tertentu
Saat sakit, kita tentu membutuhkan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Obat jadi solusi praktis dalam menyembuhkan luka karena mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh kulit untuk membentuk kembali jaringan kulit yang baru. Hanya saja, terkadang kita juga mengonsumsi obat lainnya yang menimbulkan kontraindikasi berupa penyembuhan luka yang lebih lama.

Saat meminum obat, pastikan Anda melihat kontraindikasi yang ada pada kemasan obat tersebut. Sebab, beberapa obat memiliki kontraindikasi berupa menghambat proses penyembuhan luka. Beberapa jenis obat yang umumnya memiliki kontraindikasi antara lain antiradang nonsteroid, antikoagulan, kortikosteroid, antineoplastik sitotoksik dan imunosupresif. 

Masalah sirkulasi udara
Saat memiliki luka, apakah Anda tergolong orang yang menutup luka tersebut atau membuka luka? Menutup luka tentu jadi kebiasaan banyak orang karena  mereka khawatir akan kotoran yang bisa membuat luka menjadi infeksi atau sembuh lebih lama. Hanya saja, beberapa orang juga berpikir bahwa luka perlu dibuka agar dapat bernapas dan sembuh lebih cepat.

Masalah sirkulasi udara karena luka ditutup merupakan salah satu alasan mengapa luka jadi lebih lama sembuh. Untuk mengatasi kotoran, maka sebaiknya gunakanlah perban atau kasa agar tidak menutupi luka sepenuhnya. Kasa berguna untuk menghalau kotoran agar tidak masuk ke dalam luka namun juga memberikan ruang untuk luka agar tetap bernapas. Sehingga, luka bisa lebih cepat sembuh tanpa harus khawatir terjadi infeksi.

Setelah mengetahui penyebabnya seperti diatas, periksa kembali apakah Anda telah menerapkan cara merawat luka yang benar-benar tepat atau belum. Selalu baca info kesehatan terbaru dari guesehat.com untuk mendapatkan pengetahuan dunia kesehatan yang bisa dipercaya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar