Selasa, 16 Juni 2020

Inilah 4 Fakta Masker Kain yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 4 Fakta Masker Kain yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini, masker kain menjadi salah satu item yang wajib digunakan saat pergi ke luar rumah. Semenjak pandemic Covid-19 ini masuk ke Indonesia, pemerintah mulai memberlakukan beberapa kebijakan, salah satunya penggunaan masker non-medis. Ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus, sehingga diharapkan kasusnya bisa menurun dan segera berakhir.

Masker jenis kain menjadi alternatif pelindung non-medis yang bisa digunakan sehari-hari. Namun, fungsinya tidak seefektif masker medis pada umumnya, sehingga Anda harus pandai dalam memilih jenis kainnya. Jangan menggunakan masker dengan bahan yang tipis karena droplet air liur maupun bersin bisa menembus sampai ke dalam, sehingga Anda beresiko tertular virus corona.

Fakta masker berbahan kain

Sebelum Anda membeli masker kain untuk pencegahan corona, simak dulu fakta-faktanya di bawah ini.

1. Alternatif Terakhir Perlindungan dari Virus

Penggunaan masker jenis kain disarankan untuk digunakan oleh Anda yang dalam keadaan sehat. Lain halnya masker khusus medis yang wajib digunakan oleh orang sakit. Masker medis memiliki tiga lapisan di dalamnya, sehingga virus tidak mudah tersebar ke luar. Oleh karena itu, masker jenis kain menjadi alternatif terakhir bagi Anda yang ada dalam kondisi sehat. 

Dengan menggunakan jenis masker ini, setidaknya virus tidak langsung masuk ke dalam mulut dan hidung. Cuci masker setelah digunakan, dan jangan dibiarkan lebih dari empat jam.

2. Tidak Ada Lapisan Tambahan

Tidak seperti masker medis, masker jenis kain tidak memiliki lapisan pelindung. Ini bisa mengakibatkan virus menempel di bagian sela-sela kain, sehingga Anda beresiko tertular virus corona. Oleh karena itu, gunakan masker jenis kain tiga lapis yang saat ini banyak dijual di toko-toko online. Dengan demikian, resiko tertular virus corona pun lebih rendah. Jangan lupa untuk selalu mencucinya sehabis digunakan, ya!

3. Harus Dilapisi Tissue

Jika Anda memiliki masker jenis kain tanpa lapisan, sebaiknya gunakan tisu sebagai alternatif pelindungnya. Penggunaan masker jenis kain tanpa lapisan pelindung membuat virus lebih mudah masuk ke dalam mulut dan hidung. Oleh karena itu, tambahkan dua sampai tiga lapis tisu menggunakan perekat. Jika ingin lebih praktis, belilah masker jenis kain yang terdapat wadah tambahan khusus tisu.

4. Resiko Terkena Virus Lebih Besar

Resiko terkena virus akan lebih besar saat Anda menggunakan masker jenis kain. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan masker jenis kain berbahan tebal dan memiliki tiga lapisan pelindung. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tambahan tisu agar virus tidak langsung mengenai hidung dan mulut.

Itulah empat fakta masker jenis kain yang perlu Anda ketahui. Jika ingin tampil lebih keren dan modis, Anda bisa menggunakan masker kain custom. Saat ini tersedia berbagai jenis masker berkualitas tinggi yang bisa menunjang penampilan Anda semakin keren selama pandemi. 

0 komentar:

Posting Komentar